A. Pengertian Filsafat
pendidikan
1. Filsafat adalah pandangan
hidup seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mcngenai
kehidupan yang dicita-citakan. Filsafat juga diartikan sebagai suatu sikap
seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam
dan ingin melihat dari segi yang luas dan menyeluruh dengan segala hubungan
Pentingnya filsafat
2. Filsafat
pendidikan pelu dipelajari sebab, dengan filsafat kita bisa
memilih teori dan metode yang sesui, dengan filsafat kita bisa lebih kritik
dalam ilmu, dan bisa memahai konsep ilmu dengan jelas, dan sebagainya
B. Peran filsafat dalam Pendidikan
Peranan Filsafat Pendidikan dalam Pengembangan
Ilmu Pendidikan,Tujuan filsafat pendidikan memberikan inspirasi
bagaimana mengorganisasikan proses pembelajaran yang ideal. Teori pendidikan
bertujuan menghasilkan pemikiran tentang kebijakan dan prinsip-rinsip
pendidikan yang didasari oleh filsafat pendidikan. Praktik pendidikan atau
proses pendidikan menerapkan serangkaian kegiatan berupa implementasi kurikulum
dan interaksi antara guru dengan peserta didik guna mencapai tujuan pendidikan
dengan menggunakan rambu-rambu dari teori-teori pendidikan. Peranan filsafat
pendidikan memberikan inspirasi, yakni menyatakan tujuan pendidikan negara bagi
masyarakat, memberikan arah yang jelas dan tepat dengan mengajukan pertanyaan
tentang kebijakan pendidikan dan praktik di lapangan dengan menggunakan
rambu-rambu dari teori pendidik. Seorang guru perlu menguasai konsep-konsep
yang akan dikaji serta pedagogi atau ilmu dan seni mengajar materi subyek
terkait, agar tidak terjadi salah konsep atau miskonsepsi pada diri peserta
didik.
C. Manfaat
pendidikan
Manfaat pendidikan ,
Secara umum manfaat pendidikan berorientasi pada kecakapan hidup bagi peserta
didik adalah sebagai bekal dalam menghadapi dan memecahkan problema hidup dan
kehidupan, baik sebagai pribadi yang mandiri, warga masyarakat, maupun sebagai
warga negara. Jika hal itu dapat dicapai, maka faktor ketergantungan terhadap
lapangan pekerjaan yang sudah ada dapat diturunkan, yang berarti produktivitas
nasional akan meningkat secara bertahap.
Tujuan pendidikan, ecara umum pendidikan kecakapan hidup
bertujuan memfungsikan pendidikan sesuai dengan fitrahnya, yaitu mengembangkan
potensi manusiawi peserta didik untuk menghadapi perannya di masa datang .
Secara khusus pendidikan yang berorientasi pada kecakapan hidup bertujuan untuk
:
·
mengaktualisasikan
potensi peserta didik sehingga dapat digunakan untuk memecahkan proplem yang
dihadapi.
·
merancang
pendidikan agar fungsional bagi kehidupan peserta didik dalam menghadapi
kehidupan dimas mendatang.
·
memberikan
kesempatan kepada sekolah untuk mengembangkan pembelajaran yang fleksibel,
sesuai dengan prinsip pedidikan berbasis luas.
·
mengoptimalkan
pemanfaatan sumberdaya di lingkungan sekolah, dengan memberi peluang
pemanfaatan sumberdaya yang ada di masyarakat, sesuai dengan prinsip manajemen
berbasis sekolah.
·
Isi pendidikan,
mencerdaskan warga Negara sesui dengan potensi atau pirah manusia
D. Fungsi filsafat Pendidikan
Memahami persoalan pendidikan secara umum,merumuskanya dalam
gambaran pokok sebagai pelengkap yang ada dan hubungannya dengan factor lain.
·
Penetu arah dan
pedoman
·
Memberi norma dan
pertimbangan
·
Filsafat memberikan
landasan yang mendasar bagi perkembangan ilmu
·
Ilmu memberikan
bahan untuk berbagai pemikiran para filsuf.
Pengembangan Kurikulum merupakan salah satu aplikasi dari
ilmu yang telah dikaji Sehingga harapan terbesar semuanya dapat membantu
manusia dalam memecahkan masalah yang dihadapinya dalam menjalani kehidupan
bermasyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar