Tujuan Kurikulum 2013 menjanjikan lahirnya generasi penerus bangsa yang produktif, kreatif, inovatif, dan berkarakter. Dengan kreativitas, anak-anak bangsa mampu berinovasi secara produktif untuk menjawab tantangan masa depan yang semakin rumit dan kompleks. Keberhasilan kurikulum 2013 dalam menghasilkan insane yang produktif, kreatif dan inovatif serta dalam merealisasikan tujuan pendidikan nasional untuk membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat sangat di tentukan oleh beberapa faktor. Faktor tersebeut antara lain berkaitan dengan kepemimpinan kepala sekolah, kreativitas guru, aktivitas peserta didik, sosialisasi, fasilitas dan sumber belajar, lingkungan yang kondusif akademik dan partisipasi warga sekolah.
Diyana sepfina
Rabu, 16 November 2016
KURIKULUM 2013
Definisi
Kurikulum 2013
Kurikulum
2013 (K-13) adalah kurikulum yang berlaku dalam Sistem
Pendidikan Indonesia.
Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk
menggantikan Kurikulum-2006 (yang sering disebut sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang telah berlaku selama kurang
lebih 6 tahun. Kurikulum 2013 masuk dalam masa percobaanya pada tahun 2013 dengan menjadikan beberapa sekolah menjadi
sekolah rintisan.
Pada tahun ajaran 2013/2014, tepatnya
sekitar pertengahan tahun 2013, Kurikulum 2013 diimpelementasikan secara
terbatas pada sekolah perintis, yakni pada kelas I dan IV untuk tingkat Sekolah Dasar, kelas VII untuk SMP,
dan kelas X untuk jenjang SMA/SMK, sedangkan pada tahun 2014, Kurikulum 2013 sudah diterapkan di Kelas I, II, IV, dan V
sedangkan untuk SMP Kelas VII dan VIII dan SMA Kelas X dan XI. Jumlah sekolah
yang menjadi sekolah perintis adalah sebanyak 6.326 sekolah tersebar di seluruh
provinsi di Indonesia.
Kurikulum
2013 adalah kurikulum terbaru yang diluncurkan oleh departemen pendidikan
nasional mulai tahun 2013 sebagai bentuk pengembangan dari kurikulum sebelumya
yaitu kurikukum 2004 (KTSP ) yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan
keterampilan secara terpadu. Hal ini ditegaskan dalam pasal 1 ayat 29
undang-undang No. 20 Tahun 2003 bahwa kurikulum merupakan pengaturan mengenai
tujuan, isi dan bahan pelajaran secara yang di gunakan sebagai pedoman
penyelenggara kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Cita-cita
kemendikbud dalam pembangunan pendidikan nasional lebih di tekankan pada
pendidikan transformatif dengan menjadikan pendidikan sebagai motor penggerak
perubahan dari masyarakat berkembang menuju masyarakat maju.
Pendidikan
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan
nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjasi
manusia yang beriman dan taqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia,
sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang
demokratis serta bertanggung jawab (undang-undang No. 20 Tahun 2003).
Soal matematika menhitung panjang dan lebar.
Soal matematika menhitung panjang dan lebar.
1. Sebuah roda sepeda memiliki jari-jari 21 cm.
ketika sepeda dikayuh, ban tersebut berputar sebanyak 50 kali. tentukanlah
keliling dan jarak yang ditempuh oleh ban sepeda tersebut!
2. Perhatikan gambar di bawah ini. Hitunglah
keliling bangun yang diarsir!
3. Apa
yang dimaksud dengan pengubinan? Dan gambarkan contoh pengubinan menggunakan segitiga siku-siku!
4. Ada sebuah lapangan basket dengan bentuk
persegi panjang. Apabila panjang sisinya adalah 45 meter dan lebar lapangan
adalah 25 meter, maka berapakah luas dari lapangan basket tersebut?
5. Soal: Sebidang sawah berbentuk persegi panjang,
panjangnya 300 meter dan lebarnya 100 meter. Berapa are luas sawah tersebut?
(Petunjuk: 1 are = 100 meter persegi).
RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SDN kramatwatu 1
Tema : Bermain Dengan Lingkunganku
Pertemuan ke :
1
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. KOMETENSI INTI:
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanyakan berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan
B. STANDAR KOMPETENSI :
Ø PKn
- Membiasakan melakukan gotong royong.
Ø IPS
·
Memahami peristiwa penting dalam keluarga
.
Ø IPA
·
Mengenal bagian-bagian tubuh makhluk hidup
disekitar.
Ø Matematika
·
Mamahami
pengukuran panjang dan berat.
Ø Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
·
Memahami
puisi dan teks pendek yang dilisankan.
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, dan pengalaman secara
lisan melalui kegiatan bercerita.
Membaca
·
Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi singkat.
Menulis
·
Menulis
melalui kegiatan melengkapi cerita.
Ø Seni Budaya
Keterampilan
- Seni Musik : mengenal alat musik dan cara
memainkannya.
- Keterampilan : Menerapkan teknologi sedrehana dalam keterampilan.
C. KOMPETENSI DASAR :
Ø PKn
·
Mengenal pentingnya gotong royong di lingkungan
sekitar.
·
Mengenal pentingnya kebersihan dan kesehatan.
Ø IPS
- Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
Ø IPA
·
Mengidentifikasi bagian tubuh
makhluk hidup dan kegunaanya.
Ø .Matematika
·
Melakukan pengukuran panjang dan berat.
Ø Bahasa Indonesia
- Mendeskripsikan isi puisi.
·
Mengekspresikan puisi yang tepat.
·
Menjelaskan
isi puisi anak yang dibaca.
·
Melengkapi
cerita sederhana dengan kata yang tepat.
Ø Seni Budaya Keterampilan.
- Mengekpresikan alat music dan cara memainkannya.
- Menyanyikan lagu wajib dan anak denagn atau tanpa iringan sederhana.
.
D.
INDIKATOR :
Ø PKN :
·
Mengenal hidup bersih dan sehat.
·
Menyebutkan manfaat lingkungan alam bagi
kesehatan manusia.
·
Menjelaskan
akibat dari tidak merawat lingkungan.
Ø
IPS :
·
Menceritakan
peristiwa yang tidak menyenangkan dan menyenangkan di rumah.
Ø IPA:
·
Menyebutkan
nama makhluk hidup yang ada di sekitar.
·
Menyebutkan
bagian tubuh makhluk hidup dengan kegunaannya.
·
Menyebutkan nama hewan yang merugikan makhuk
hidup lainnya
·
Menyebutkan nama tumbuhan yang merugikan makhuk
hidup lainnya
·
Menyebutkan nama hewan yang menguntungkan makhuk
hidup lainnya
·
Menyebutkan nama tumbuhan yang menguntungkan
makhuk hidup lainnya .
·
Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia.
·
Menyebutkan manfaaat hewan bagi mausia.
Ø MATEMATIKA :
·
Mengukur panjang benda dengan menggunakan satuan
baku. ( m, cm )
·
Menaksir panjang benda dengan menggunakan satuan
yang sesuai.
·
Mengukur berat
benda dengan menggunakan satuan baku. ( g, kg )
·
Menaksir berat
benda dengan menggunakan satuan yang sesuai.
Ø BAHASA INDONESIA :
·
Membaca puisi
·
menceritakan isi puisi
·
Mendeklamasikan
puisi dengan ekspresi yang tepat..
·
Menjawab
pertanyaan tentang isi puisi.
·
Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·
Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang
dibacakan guru
·
Menceritakan
kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
Ø
SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
·
Menjelaskan
memainkan alat musik ritmis dengan cara yang beanr.
·
Menyanyikan
lagu anak-anak dengan iringan alat musik ritmis.
E.
KARAKTER SISWA
YANG DIHARAPKAN : Disiplin
,Tekun ,Tanggung jawab ,Ketelitian, Kerja sama),), Percaya diri), Keberanian.
F.
TUJUAN :
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
·
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan guru.
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
·
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
G.
MATERI AJAR ( MATERI POKOK ) :
Ø PKN
·
Hidup
gotong royong.
·
Menjaga
kebersihan lingkungan.
·
Keindahan
alam.
Ø
IPS
·
Manfaat
pentingnya keluarga.
·
Identitas
pribadi dan keluarga
Ø
IPA
·
Mengenal
bagian utama tubuh tumbuhan dan hewan.
·
Bagian
utama tubuh hewan dan kegunaanya.
·
Bagian
utama tubuh tumbuhan dan kegunaanya.
·
Pertumbuhan
hewan dan tumbuhan
·
Tempat
hidup makhluk hidup.
·
Makhluk
hidup yang merugikan dan menguntungkan.
Ø
MATEMATIKA
·
Alat
ukur panjang tidak baku dan baku.
·
Mengukur
panjang benda.
·
Mengukur
berat benda.
Ø
BAHASA INDONESIA
·
Mendengarkan
teks pendek.
·
Puisi
·
Membaca
bersuara
·
Melengkapi
kalimat.
·
Menulis
pengalaman
Ø
SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
·
Seni
musik
·
Menyanyikan
lagu
H. METODE PEMBELAJARAN :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Pemberian
tugas.
I.
KEGIATAN PEMBELAJARAN.
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
·
Mengajak
Semua Siswa mengucapkan salam “SELAMAT PAGI GURU”
·
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Menceritakan
kegiatan masing – masing siswa yang dilakukan saat liburan sekolah dengan penuh
percaya diri.
·
Menceritakan
pembagian tugas yang
ditugaskan oleh ayah terhadap anggota
keluarganya saat liburan.
·
Melakukan
percakapan antar teman di kelas.
·
menceritakan
tentang kebersihan lingkungan dan keindahan alam.
·
Menceritakan
makhluk hidup di sekitar.
·
Meminta
siswa menulis pengalaman yang menyenangkan.
·
Mau
berkerja sama dengan guru dan teman dalam permainan.
·
Memberikan
pendapat (pujian atau sebaliknya)
|
150 menit
|
·
Siswa
belajar secara berkelompok dan berdiskusi.
·
Memberikan
pertanyaan kepada kelompok tentang ciri-ciri lingkungan yang bersih :
§ Mendengarkan jawaban siswa tentang
ciri-ciri lingkungan yang bersih.
§ Memberikan kesempatan kepada kelompok
lain untuk menjawab
§ Perhatikan anggota kelompok yang tidak
berani memberi jawaban.
§ Mendorong siswa untuk berani menjawab.
·
Memberikan
pertanyaan kepada kelompok tentang bagian tubuh makhluk hidup dan kegunaannya
:
§ Mendengarkan jawaban siswa mengenai
bagian tubuh makhluk hidup dan kegunaannya.
§ Memberikan kesempatan kepada kelompok
lain untuk menjawab.
§ Perhatikan siswa yang aktif menjawab.
§ Mendorong siswa untuk berani menjawab.
·
Menjelaskan
klarifikasi jawaban yang benar.
·
Memberi
tugas kepada siswa untuk membaca teks
·
Siswa
membaca teks secara bergantian di depan kelas.
·
Memperhatikan
siswa dalam membaca sekaligus menilai keberanian siswa.
·
Menjelaskan
materi tentang pengukuran panjang dan berat dengan satuan ukur
·
Memberikan
tugas kepada kelompok tentang pengukuran panjang dan berat dengan satuan
ukur.
Proses penilaian :
·
Guru
berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
·
Menilai
kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi
atau tidak dsb).
·
Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.
|
||
·
Siswa
menyanyikan lagu wajib ”dari sabang sampai merauke” untuk mencairkan suasana.
·
Menjelaskan
makna lagu yang di nyanyikan.
|
||
Penutup
|
·
Memberikan
kesimpulan mengenai materi yang telah di berikan.
·
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang telah diajarkan.
·
Memberikan
tugas tentang materi yang telah di ajarkan untuk melatih kepemahaman siswa.
·
Menutup
kegiatan dengan berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
|
10 menit
|
J.
PENILAIAN
1.
. Prosedur
Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
2.
Instrumen Penilaian
a. Penilaian
Proses.
·
Penilaian Kinerja( keterampilan).
·
Penilaian Sikap.
b. Penilaian
Hasil belajar (pengetahuan) (terampil / lihat pada buku siswa).
·
Isian singkat.
·
Essai atau uraian.
Serang , ………………..2016
Mengetahui Guru
kelas
kepala sekolah,
……………………. …………………….
NIP……………….. NIP…………………
Langganan:
Postingan (Atom)