Diyana sepfina

Rabu, 16 November 2016

TUJUAN KURIKULUM 2013

Tujuan Kurikulum 2013 menjanjikan lahirnya generasi penerus bangsa yang produktif, kreatif, inovatif, dan berkarakter. Dengan kreativitas, anak-anak bangsa mampu berinovasi secara produktif untuk menjawab tantangan masa depan yang semakin rumit dan kompleks. Keberhasilan kurikulum 2013 dalam menghasilkan insane yang produktif, kreatif dan inovatif serta dalam merealisasikan tujuan pendidikan nasional untuk membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat sangat di tentukan oleh beberapa faktor. Faktor tersebeut antara lain berkaitan dengan kepemimpinan kepala sekolah, kreativitas guru, aktivitas peserta didik, sosialisasi, fasilitas dan sumber belajar, lingkungan yang kondusif akademik dan partisipasi warga sekolah.


KURIKULUM 2013

Definisi Kurikulum 2013
Kurikulum 2013 (K-13) adalah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum-2006 (yang sering disebut sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun. Kurikulum 2013 masuk dalam masa percobaanya pada tahun 2013 dengan menjadikan beberapa sekolah menjadi sekolah rintisan.
Pada tahun ajaran 2013/2014, tepatnya sekitar pertengahan tahun 2013, Kurikulum 2013 diimpelementasikan secara terbatas pada sekolah perintis, yakni pada kelas I dan IV untuk tingkat Sekolah Dasar, kelas VII untuk SMP, dan kelas X untuk jenjang SMA/SMK, sedangkan pada tahun 2014, Kurikulum 2013 sudah diterapkan di Kelas I, II, IV, dan V sedangkan untuk SMP Kelas VII dan VIII dan SMA Kelas X dan XI. Jumlah sekolah yang menjadi sekolah perintis adalah sebanyak 6.326 sekolah tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.
            Kurikulum 2013 adalah kurikulum terbaru yang diluncurkan oleh departemen pendidikan nasional mulai tahun 2013 sebagai bentuk pengembangan dari kurikulum sebelumya yaitu kurikukum 2004 (KTSP ) yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara terpadu. Hal ini ditegaskan dalam pasal 1 ayat 29 undang-undang No. 20 Tahun 2003 bahwa kurikulum merupakan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran secara yang di gunakan sebagai pedoman penyelenggara kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
            Cita-cita kemendikbud dalam pembangunan pendidikan nasional lebih di tekankan pada pendidikan transformatif dengan menjadikan pendidikan sebagai motor penggerak perubahan dari masyarakat berkembang menuju masyarakat maju.
            Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjasi manusia yang beriman dan taqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab (undang-undang No. 20 Tahun 2003).

Soal matematika menhitung panjang dan lebar.

Soal matematika menhitung panjang dan lebar.
1.     Sebuah roda sepeda memiliki jari-jari 21 cm. ketika sepeda dikayuh, ban tersebut berputar sebanyak 50 kali. tentukanlah keliling dan jarak yang ditempuh oleh ban sepeda tersebut!
2.     Perhatikan gambar di bawah ini. Hitunglah keliling bangun yang diarsir!
Contoh Soal Keliling dan luas persegi
3.     Apa yang dimaksud dengan pengubinan? Dan gambarkan contoh pengubinan  menggunakan segitiga siku-siku!
4.     Ada sebuah lapangan basket dengan bentuk persegi panjang. Apabila panjang sisinya adalah 45 meter dan lebar lapangan adalah 25 meter, maka berapakah luas dari lapangan basket tersebut?

5.     Soal: Sebidang sawah berbentuk persegi panjang, panjangnya 300 meter dan lebarnya 100 meter. Berapa are luas sawah tersebut? (Petunjuk: 1 are = 100 meter persegi).

RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik

Nama Sekolah     :  SDN kramatwatu 1
Tema                    :  Bermain Dengan Lingkunganku
Pertemuan ke      : 1
Kelas/Semester    :  II / 1
Alokasi Waktu     :  1 Hari

A. KOMETENSI INTI:
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanyakan berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan


B. STANDAR KOMPETENSI :
Ø  PKn                           
  • Membiasakan melakukan gotong royong.

Ø  IPS                             
·         Memahami peristiwa penting dalam keluarga
.
Ø  IPA                                        
·       Mengenal bagian-bagian tubuh makhluk hidup disekitar.

Ø  Matematika   
·         Mamahami  pengukuran panjang dan berat.

Ø  Bahasa Indonesia :
Mendengarkan                 
·         Memahami puisi dan teks pendek yang dilisankan.
Berbicara                         
·         Mengungkapkan pikiran, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bercerita.
Membaca                         
·         Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi singkat.
Menulis                             
·          Menulis melalui kegiatan melengkapi cerita.

Ø  Seni Budaya  Keterampilan 
  • Seni Musik                   :   mengenal alat musik dan cara memainkannya.
  • Keterampilan              :  Menerapkan teknologi sedrehana dalam keterampilan.

C. KOMPETENSI DASAR  :
Ø  PKn
·         Mengenal pentingnya gotong royong di lingkungan sekitar.
·         Mengenal pentingnya kebersihan dan kesehatan.

Ø  IPS
  • Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
Ø   IPA
·         Mengidentifikasi  bagian tubuh  makhluk hidup dan kegunaanya.
Ø  .Matematika
·         Melakukan pengukuran panjang dan berat.
Ø  Bahasa Indonesia
  • Mendeskripsikan isi puisi.
·         Mengekspresikan puisi yang tepat.
·         Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·         Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.

Ø  Seni Budaya Keterampilan.
  • Mengekpresikan alat music dan cara memainkannya.
  • Menyanyikan lagu wajib dan anak denagn atau  tanpa iringan sederhana.
.    
D. INDIKATOR :
Ø  PKN :
·         Mengenal hidup bersih dan sehat.
·         Menyebutkan manfaat lingkungan alam bagi kesehatan manusia.
·         Menjelaskan akibat dari tidak merawat lingkungan.

Ø  IPS :
·         Menceritakan peristiwa yang tidak menyenangkan dan menyenangkan di rumah.

Ø  IPA:
·         Menyebutkan nama makhluk hidup  yang ada di sekitar.
·         Menyebutkan bagian tubuh makhluk hidup dengan kegunaannya.
·         Menyebutkan nama hewan yang merugikan makhuk hidup lainnya
·         Menyebutkan nama tumbuhan yang merugikan makhuk hidup lainnya
·         Menyebutkan nama hewan yang menguntungkan makhuk hidup lainnya
·         Menyebutkan nama tumbuhan yang menguntungkan makhuk hidup lainnya .
·         Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia.
·         Menyebutkan manfaaat hewan bagi mausia.

Ø  MATEMATIKA :
·         Mengukur panjang benda dengan menggunakan satuan baku. ( m, cm )
·         Menaksir panjang benda dengan menggunakan satuan yang sesuai.
·         Mengukur berat  benda dengan menggunakan satuan baku. ( g, kg )
·         Menaksir berat  benda dengan menggunakan satuan yang sesuai.

Ø  BAHASA INDONESIA :
·         Membaca puisi
·         menceritakan isi puisi
·         Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat..
·         Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi.
·         Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·         Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·         Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.

Ø  SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
·         Menjelaskan memainkan alat musik ritmis dengan cara yang beanr.
·         Menyanyikan lagu anak-anak dengan iringan alat musik ritmis.

E.     KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN : Disiplin ,Tekun ,Tanggung jawab ,Ketelitian, Kerja sama),), Percaya diri), Keberanian.

F.     TUJUAN :
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
·         Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
·          Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

G.    MATERI AJAR  ( MATERI POKOK ) :
Ø  PKN
·           Hidup gotong royong.
·           Menjaga kebersihan lingkungan.
·           Keindahan alam.

Ø  IPS
·           Manfaat pentingnya keluarga.
·           Identitas pribadi dan keluarga

Ø  IPA
·           Mengenal bagian utama tubuh tumbuhan dan hewan.
·           Bagian utama tubuh hewan dan kegunaanya.
·           Bagian utama tubuh tumbuhan dan kegunaanya.
·           Pertumbuhan hewan dan tumbuhan
·           Tempat hidup makhluk hidup.
·           Makhluk hidup yang merugikan dan menguntungkan.

Ø  MATEMATIKA
·           Alat ukur panjang tidak baku dan baku.
·           Mengukur panjang benda.
·           Mengukur berat benda.

Ø  BAHASA INDONESIA
·           Mendengarkan teks pendek.
·           Puisi
·           Membaca bersuara
·           Melengkapi kalimat.
·           Menulis pengalaman

Ø  SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
·           Seni musik
·           Menyanyikan lagu

H.    METODE PEMBELAJARAN :
·           Ceramah
·           Diskusi.
·           Tanya jawab.
·           Pemberian tugas.

I.       KEGIATAN PEMBELAJARAN.
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·      Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
·      Mengajak Semua Siswa mengucapkan salam “SELAMAT PAGI GURU”
·      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
10 menit
Inti
·         Menceritakan kegiatan masing – masing siswa yang dilakukan saat liburan sekolah dengan penuh percaya diri.
·         Menceritakan pembagian tugas yang
ditugaskan oleh ayah terhadap anggota
keluarganya saat liburan.
·         Melakukan percakapan antar teman di kelas.
·         menceritakan tentang kebersihan lingkungan dan keindahan alam.
·         Menceritakan makhluk hidup di sekitar.
·         Meminta siswa menulis pengalaman yang menyenangkan.
·         Mau berkerja sama dengan guru dan teman dalam permainan.
·         Memberikan pendapat (pujian atau sebaliknya)
150 menit

·         Siswa belajar secara berkelompok dan berdiskusi.
·         Memberikan pertanyaan kepada kelompok tentang ciri-ciri lingkungan yang bersih :
§  Mendengarkan jawaban siswa tentang ciri-ciri lingkungan yang bersih.
§  Memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menjawab
§  Perhatikan anggota kelompok yang tidak berani memberi jawaban.
§  Mendorong siswa untuk berani menjawab.
·         Memberikan pertanyaan kepada kelompok tentang bagian tubuh makhluk hidup dan kegunaannya :
§  Mendengarkan jawaban siswa mengenai bagian tubuh makhluk hidup dan kegunaannya.
§  Memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menjawab.
§  Perhatikan siswa yang aktif menjawab.
§  Mendorong siswa untuk berani menjawab.
·         Menjelaskan klarifikasi jawaban yang benar.
·         Memberi tugas kepada siswa untuk membaca teks
·         Siswa membaca teks secara bergantian di depan kelas.
·         Memperhatikan siswa dalam membaca sekaligus menilai keberanian siswa.
·         Menjelaskan materi tentang pengukuran panjang dan berat dengan satuan ukur
·         Memberikan tugas kepada kelompok tentang pengukuran panjang dan berat dengan satuan ukur.
Proses penilaian :
·         Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
·         Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb).
·          Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.


·         Siswa menyanyikan lagu wajib ”dari sabang sampai merauke” untuk mencairkan suasana.
·         Menjelaskan makna lagu yang di nyanyikan.

Penutup
·         Memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah di berikan.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang telah diajarkan.
·         Memberikan tugas tentang materi yang telah di ajarkan untuk melatih kepemahaman siswa.
·         Menutup kegiatan dengan berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
10 menit





J.      PENILAIAN

1.      . Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

2.       Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Proses.
·         Penilaian Kinerja( keterampilan).
·         Penilaian Sikap.
b.      Penilaian Hasil belajar (pengetahuan) (terampil / lihat pada buku siswa).
·         Isian singkat.
·         Essai atau uraian.

Serang , ………………..2016
Mengetahui                                                                                        Guru kelas
 kepala sekolah,



…………………….                                                                           …………………….

NIP………………..                                                                           NIP…………………