Program Latihan Mingguan II
Pengembangan
Diri :
Kepramukaan Sekolah Dasar
Kelas :
1 – 6
Pertemuaan
ke- :
5
Alokasi
Waktu :
2 Jam Pelajaran
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
1.
Siaga Mula
B.
KOMPETENSI
DASAR :
1.
Mengenal pentingnya
kerja sama dan kekompakkan dalam kepramukaan
C. INDIKATOR
1. Mengenal pentingnya
kerjasama antar barung.
2.
Mengenal pentingnya
kekompakkan dalam barung. :
D.
TUJUAN
1.
Peserta Didik dapat mengenal pentingnya
kekompakkan dan kerjasama.
E. MATERI POKOK
1. Melakukan permainan ular
terpanjang.
F. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Diskusi,Permainan
Besar dan Bermain Peran
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Persiapan
|
Persiapan Alat Upacara :
1. Bendera merah
putih
2. Naskah drama
|
5 menit
|
Pendahuluan
|
1. Kegiatan dimulai
dengan Upacara pembukaan pramuka Siaga.
2. Menyampaikan
amanat mengenai materi yang akan di sampaikan pada hari ini.
|
15 menit
|
Inti
|
1. Kegiatan dilaksanakan di
lapangan,
2. Kegiatan
dimulai dengan “Tepuk Pramuka”
3. Barung menampilkan yel-yel kelompok Setelah dirasa peserta didik sudah cukup
gembira.
4. Barung dibagi tugas bersedia bermain “ular terpanjang”.
5. Pembina menjelaskan membuat ular
terpanjang menggunakan alat dan barang yang di gunakan oleh peserta didik,
seperti : sepatu topi, kacu,dll.
6. peserta yang duluan sampai finish adalah
pemenangnya.
7. peserta
didik di minta menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dari permainan
tersebut.
8. Pembina
menjelaskan bahwa di dalam permainan Pramuka untuk menjaga kerjasama,kekompakkan
dan keterampilan dalam barung
|
150 menit
|
Penutup
|
1.
Upacara penutupan
2.
Memberi pujian dan hadiah kepada barung yang paling kompak
|
10 menit
|
H. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Alat Upacara Satuan
I. PENILAIAN
1.
Prosedur
Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b. Penilaian hasil belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes kekompakkan (terlampir)
c. Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses.
·
Penilaian Kinerja( keterampilan).
·
Penilaian Sikap.
NAMA
BARUNG
|
NAMA
ANGGOTA
|
SIKAP
|
KINERJA(KETERAMPILAN)
|
KEKOMPAKKAN
|
Serang , November 2016
Pembina
Diyana sepfrina
Tidak ada komentar:
Posting Komentar