Diyana sepfina

Rabu, 16 November 2016

RENCANA PENGAJARAN PEMBELAJARAN PRAMUKA

Program Latihan Mingguan II
Pengembangan Diri           : Kepramukaan Sekolah Dasar
Kelas                                 : 1 – 6
Pertemuaan ke-                 : 5
Alokasi Waktu                  : 2 Jam Pelajaran

A.    STANDAR KOMPETENSI                      :
1.       Siaga Mula
B.     KOMPETENSI DASAR           :
1.      Mengenal pentingnya kerja sama dan kekompakkan dalam kepramukaan
C.    INDIKATOR
1.      Mengenal pentingnya kerjasama antar barung.
2.      Mengenal pentingnya kekompakkan dalam barung.                       :
D.    TUJUAN
      1.   Peserta Didik dapat mengenal pentingnya kekompakkan dan kerjasama.
E.   MATERI POKOK
1.   Melakukan permainan ular terpanjang.
F.    METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.   Diskusi,Permainan Besar dan Bermain Peran
G.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Persiapan
Persiapan Alat Upacara  :
1.      Bendera merah putih
2.      Naskah drama
5 menit
Pendahuluan
1.      Kegiatan dimulai dengan Upacara pembukaan pramuka Siaga.
2.      Menyampaikan amanat mengenai materi yang akan di sampaikan pada hari ini.
15 menit
Inti
1.      Kegiatan  dilaksanakan di lapangan,
2.   Kegiatan dimulai dengan “Tepuk Pramuka”
3.   Barung  menampilkan yel-yel kelompok  Setelah dirasa peserta didik sudah cukup gembira.
4.   Barung  dibagi tugas bersedia bermain “ular terpanjang”.
5.   Pembina menjelaskan membuat ular terpanjang menggunakan alat dan barang yang di gunakan oleh peserta didik, seperti : sepatu topi, kacu,dll.
6.   peserta yang duluan sampai finish adalah pemenangnya.
7.   peserta didik di minta menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dari permainan tersebut.
8.   Pembina menjelaskan bahwa di dalam permainan Pramuka untuk menjaga kerjasama,kekompakkan dan keterampilan dalam barung

150 menit
Penutup
1.      Upacara penutupan
2.      Memberi pujian dan hadiah kepada barung yang paling kompak
10 menit

H.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
      1. Alat Upacara Satuan

I.       PENILAIAN
1.       Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.      Penilaian hasil belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes kekompakkan (terlampir)
c.        Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Proses.
·            Penilaian Kinerja( keterampilan).
·            Penilaian Sikap.
NAMA BARUNG
NAMA ANGGOTA
SIKAP
KINERJA(KETERAMPILAN)
KEKOMPAKKAN










































Serang , November 2016
Pembina




Diyana sepfrina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar