Nama Sekolah : SDN kramatwatu 1
Tema : Benda
Pertemuan ke :
1
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. KOMETENSI INTI:
·
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
·
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru
·
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanyakan berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,sekolah dan
dilingkugan sekitar.
·
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan
B. STANDAR KOMPETENSI :
Ø IPA
·
Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaan
serta perubahan wujud yang dialaminya
C. KOMPETENSI DASAR :
Ø
IPA
·
Menujukan perubahan bentuk dan wujud benda
(plastisin/tanah liat/ adoanan tepung ) akibat dari kondisi tertentu.
D.
INDIKATOR :
Ø IPA:
·
Mengidentifikasi
benda-benda di sekitar yang dapat berubah seperti plastisin/tanah liat ketika
di bentuk.
·
Menyebutkan
contoh benda padat yang dapat berubah
wujud menjadi bend cair dan sebaliknya yaitu benda cair menjadi padat.
E.
KARAKTER SISWA
YANG DIHARAPKAN : Disiplin
,Tekun ,Tanggung jawab ,Ketelitian, Kerja sama), Percaya diri, Keberanian.
F.
TUJUAN :
·
Menyebutkan perubahan bentuk dan wujud benda akibat dari
kondisi tertentu.
G.
MATERI AJAR ( MATERI POKOK ) :
Ø
IPA
· Mampu mengidentifikasi benda yang dapat
berubah:
-plastisin
-tanah liat
· Mampu mencari contoh benda padat yang
dapat berubah wujud menjadi benda cair dan sebaliknya yaitu benda cair menjadi
padat.
-es batu
-es krim
-air
H. METODE PEMBELAJARAN :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Pemberian
tugas.
I.
KEGIATAN PEMBELAJARAN.
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
·
Mengajak
Semua Siswa mengucapkan salam “SELAMAT PAGI GURU”
·
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa dan kabar siswa.
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran/KD
|
10 menit
|
Inti
|
·
Menceritakan
kegiatan masing – masing siswa yang dilakukan saat liburan sekolah dengan penuh
percaya diri.
·
Menceritakan
pembagian tugas yang
ditugaskan oleh ayah terhadap anggota
keluarganya saat liburan.
·
Melakukan
percakapan antar teman di kelas.
·
menceritakan
tentang kebersihan lingkungan dan keindahan alam.
·
Menceritakan
makhluk hidup di sekitar.
·
Meminta
siswa menulis pengalaman yang menyenangkan.
·
Mau
berkerja sama dengan guru dan teman dalam permainan.
·
Memberikan
pendapat (pujian atau sebaliknya)
|
150 menit
|
·
Siswa
belajar secara berkelompok dan berdiskusi.
·
Memberikan
pertanyaan kepada kelompok tentang ciri-ciri lingkungan yang bersih :
§ Mendengarkan jawaban siswa tentang
ciri-ciri lingkungan yang bersih.
§ Memberikan kesempatan kepada kelompok
lain untuk menjawab
§ Perhatikan anggota kelompok yang tidak
berani memberi jawaban.
§ Mendorong siswa untuk berani menjawab.
·
Memberikan
pertanyaan kepada kelompok tentang bagian tubuh makhluk hidup dan kegunaannya
:
§ Mendengarkan jawaban siswa mengenai
bagian tubuh makhluk hidup dan kegunaannya.
§ Memberikan kesempatan kepada kelompok
lain untuk menjawab.
§ Perhatikan siswa yang aktif menjawab.
§ Mendorong siswa untuk berani menjawab.
·
Menjelaskan
klarifikasi jawaban yang benar.
·
Memberi
tugas kepada siswa untuk membaca teks
·
Siswa
membaca teks secara bergantian di depan kelas.
·
Memperhatikan
siswa dalam membaca sekaligus menilai keberanian siswa.
·
Menjelaskan
materi tentang pengukuran panjang dan berat dengan satuan ukur
·
Memberikan
tugas kepada kelompok tentang pengukuran panjang dan berat dengan satuan
ukur.
Proses penilaian :
·
Guru
berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
·
Menilai
kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi
atau tidak dsb).
·
Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.
|
||
·
Siswa
menyanyikan lagu wajib ”dari sabang sampai merauke” untuk mencairkan suasana.
·
Menjelaskan
makna lagu yang di nyanyikan.
|
||
Penutup
|
·
Memberikan
kesimpulan mengenai materi yang telah di berikan.
·
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang telah diajarkan.
·
Memberikan
tugas tentang materi yang telah di ajarkan untuk melatih kepemahaman siswa.
·
Menutup
kegiatan dengan berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
|
10 menit
|
J. Media, Alat, Bahan dan Sumber Belajar
a.
gambar
b.
air
c.
gelas & mangkok
d.
plastisin
K. PENILAIAN
1.
. Prosedur
Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
2.
Instrumen Penilaian
a. Penilaian
Proses.
·
Penilaian Kinerja( keterampilan).
·
Penilaian Sikap.
b. Penilaian
Hasil belajar (pengetahuan) (terampil / lihat pada buku siswa).
·
Isian singkat.
·
Essai atau uraian.
Serang , ………………..2016
Mengetahui Guru
kelas
kepala sekolah,
……………………. …………………….
NIP……………….. NIP…………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar