Diyana sepfina

Rabu, 16 November 2016

RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK



Nama Sekolah     :  SDN kramatwatu 1
Tema                    :  Benda
Pertemuan ke      : 1
Kelas/Semester    :  II / 1
Alokasi Waktu     :  1 Hari

A. KOMETENSI INTI:
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanyakan berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,sekolah dan dilingkugan sekitar.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan


B. STANDAR KOMPETENSI :
Ø  IPA                            
·         Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaan serta perubahan wujud yang dialaminya

C. KOMPETENSI DASAR  :
Ø  IPA
·         Menujukan perubahan bentuk dan wujud benda (plastisin/tanah liat/ adoanan tepung ) akibat dari kondisi tertentu.

D. INDIKATOR :

Ø  IPA:
·         Mengidentifikasi benda-benda di sekitar yang dapat berubah seperti plastisin/tanah liat ketika di bentuk.
·         Menyebutkan  contoh benda padat yang dapat berubah wujud menjadi bend cair dan sebaliknya yaitu benda cair menjadi padat.

E.     KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN : Disiplin ,Tekun ,Tanggung jawab ,Ketelitian, Kerja sama), Percaya diri, Keberanian.

F.     TUJUAN :
·         Menyebutkan  perubahan bentuk dan wujud benda akibat dari kondisi tertentu.

G.    MATERI AJAR  ( MATERI POKOK ) :
Ø  IPA
· Mampu mengidentifikasi benda yang dapat berubah:
-plastisin
-tanah liat  
· Mampu mencari contoh benda padat yang dapat berubah wujud menjadi benda cair dan sebaliknya yaitu benda cair menjadi padat.
-es batu
-es krim
-air

H.    METODE PEMBELAJARAN :
·           Ceramah
·           Diskusi.
·           Tanya jawab.
·           Pemberian tugas.

I.       KEGIATAN PEMBELAJARAN.
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·      Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
·      Mengajak Semua Siswa mengucapkan salam “SELAMAT PAGI GURU”
·      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa dan kabar siswa.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran/KD
10 menit
Inti
·         Menceritakan kegiatan masing – masing siswa yang dilakukan saat liburan sekolah dengan penuh percaya diri.
·         Menceritakan pembagian tugas yang
ditugaskan oleh ayah terhadap anggota
keluarganya saat liburan.
·         Melakukan percakapan antar teman di kelas.
·         menceritakan tentang kebersihan lingkungan dan keindahan alam.
·         Menceritakan makhluk hidup di sekitar.
·         Meminta siswa menulis pengalaman yang menyenangkan.
·         Mau berkerja sama dengan guru dan teman dalam permainan.
·         Memberikan pendapat (pujian atau sebaliknya)
150 menit

·         Siswa belajar secara berkelompok dan berdiskusi.
·         Memberikan pertanyaan kepada kelompok tentang ciri-ciri lingkungan yang bersih :
§  Mendengarkan jawaban siswa tentang ciri-ciri lingkungan yang bersih.
§  Memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menjawab
§  Perhatikan anggota kelompok yang tidak berani memberi jawaban.
§  Mendorong siswa untuk berani menjawab.
·         Memberikan pertanyaan kepada kelompok tentang bagian tubuh makhluk hidup dan kegunaannya :
§  Mendengarkan jawaban siswa mengenai bagian tubuh makhluk hidup dan kegunaannya.
§  Memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menjawab.
§  Perhatikan siswa yang aktif menjawab.
§  Mendorong siswa untuk berani menjawab.
·         Menjelaskan klarifikasi jawaban yang benar.
·         Memberi tugas kepada siswa untuk membaca teks
·         Siswa membaca teks secara bergantian di depan kelas.
·         Memperhatikan siswa dalam membaca sekaligus menilai keberanian siswa.
·         Menjelaskan materi tentang pengukuran panjang dan berat dengan satuan ukur
·         Memberikan tugas kepada kelompok tentang pengukuran panjang dan berat dengan satuan ukur.
Proses penilaian :
·         Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
·         Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb).
·          Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.


·         Siswa menyanyikan lagu wajib ”dari sabang sampai merauke” untuk mencairkan suasana.
·         Menjelaskan makna lagu yang di nyanyikan.

Penutup
·         Memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah di berikan.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang telah diajarkan.
·         Memberikan tugas tentang materi yang telah di ajarkan untuk melatih kepemahaman siswa.
·         Menutup kegiatan dengan berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
10 menit
J.      Media, Alat, Bahan dan Sumber Belajar
a.      gambar
b.      air
c.       gelas & mangkok
d.      plastisin
K. PENILAIAN
1.      . Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

2.       Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Proses.
·         Penilaian Kinerja( keterampilan).
·         Penilaian Sikap.
b.      Penilaian Hasil belajar (pengetahuan) (terampil / lihat pada buku siswa).
·         Isian singkat.
·         Essai atau uraian.

Serang , ………………..2016
Mengetahui                                                                                        Guru kelas
 kepala sekolah,



…………………….                                                                           …………………….

NIP………………..                                                                           NIP…………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar