Diyana sepfina

Rabu, 23 November 2016

ASPEK DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK


Aspek dan faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik.
1.      Pertumbuhan fisik.
Pertumbuhan fisik manusia merupakan proses perubahan menjadi lebih besar dan lebih panjang dan terjadi anak sebelum lahir hingga dewasa.
a.       Pertumbuhan sebelum lahir
Masa sebelum lahir merupakan pertumbuhan dan perkembangan manusia yang sangat kompleks, karena pada masa ini merupaka sebuah awal terbentuk organ-organ tubuh dan tersusun jaringan syaraf yang membetuk system syaraf yang lengkap.
b.      Pertumbuhan setelah lahir
Pertumbuhan didk anak di bagi menjadi empat masa utama, dua masa ditandai dengan pertumbuhan yang cepat dan masa berikutnya dicirikan dengan pertumbuhan yang lambat, selama pralahir dan 6 bulan setelah lahir, pertumbuhan tubuhnya sangat cepat.
2.      Perkembangan intelektual
Intelektual atau cara berpikir, berkembang sejalan dengan perkembangan syaraf otak, maka kemampuan intelektual yang lazim disebut dengan istilah lain kemampuan berpikir dipengaruhi oleh kematangan otak yang mampu menunjukan fungsinya secara baik.
Perkembangan juga dikenal dengan perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif menurut piaget mengikuti tahap-tahap sebagai berikut:
a.       Tahap sensorik motor (0-2 setengah tahun)
Masa ketika bayi menggunakan system pengindraan dan ktivitas mototik untuk mengenal lingkungannnya
b.      Tahap pra-operasional (usia 2-7 tahun)
Kemampuan kognitif masih terbatas. Peserta didik suka meniru perilaku orang lian, khususnya meniru orang tuannya.
c.       Tahap operasioanl konkret ( 7-11 tahun )
Peserta didik sudah memahami aspek-aspek kumulatif materi, misalnya volume dan jumlah. Mempunyai kemampuan memahami cara mengkombinasikan beberapa golongan benda yang bervariasi tingkatannya.
d.      Tahap operasional formal ( 11-15 tahun)
Peserta didik sudah menginjak usia remaja. Tahp ini telah memiliki kemampuan mengoordinasikan dua ragam kognitif, baik secara serentak maupun berurutan.
3.      Emosi
Salah satu potensi yang khusus dimiliki oleh manusia dalam hidupnya atau dalam pertumbuhannya dan perkembangan manusia. Dalam hidupnya atau dalam proses pertumbuhan dan perkembangan manusia. Kebutuhan setiap orang dapat dibedakan menjadi 2 kelompok besar yaitu kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Kebutuhan primer yaitu kebutuhan yang tidak dapat ditundadan kebutuhan sekunder yaitu kebutuhan yang dapat ditunda.
      Emosi merupakan gejala perasaan yang disertai dengan perubahan dan perilaku fisik, seperti marah yang ditunjukan dengan teriakan keras.
4.      Social
Manusia sebagai makhluk social yang keadaannya tentu tidak dapat hidup tanpa bantuan dari manusia lain, oleh karena itu mulai dari bayi menjadi seorang anak hingga menjadi dewasa akan bertahap mengenal lingkungannya yang lebih luas da akan lebih mengenal banyak manusia seperti tertarik sengan lawan jenis, bergaul dengan kelompok sebayanya.
5.      Bahasa
Alat komunikasi ditandai dengan gerakan dan suara untuk menyampaikan isi pikiran kepada orang lain.
6.      Bakat khusus
Kemampuan tertentu yang dimiliki oelh seorang indivisu yang hanya dengan rangsangan atau sedikit latihan, kemampuan itu akan dapat berkembang dengan baik. Pada mulanya bakat merupakan suatau hal amat penting berkaitan dengan masalah-masalah tugas dan pekerjaan.
7.      Sikap, nilai, dan moral
Bloom mengemukakan bahwa tujuan akhir dari proses belajar dikelompokkan menjadi tiga sasaran yaitu kognitif, afektif, psikomotor. Semakin tumbuh dan perkembangan fisik dan psikisnya, anak mulai dikenalkan terhadap nilai-nilai, ditunjukan hal-hal yang benar dan salah.
     Faktor mempengaruhi individu berbeda-beda antar yang satu dengan yang lain. Ada 3 faktor yang mempengaruhi perkembangan individu, yaitu
1.      Faktor Hereditas
Faktor bawaan yang dibawa anak dari orang tuanya, anak mewariskan sesuatu dari orang tuanya.
2.       Faktor lingkungan
Anak mendapatkan stimulus dari lingkungan yang baik akan berkembang dengan baik. Aliran ini terkenal dengan menyatakan bahwa pengalaman atau lingkungan memberikan pengaruh dan bahkan merupakan faktor tertentu.
3.         Faktor gabungan (hereditas dan lingkungan)
Faktor ini dipengaruhi oleh faktor bawaan dan lingkungan. Seorang yang memiliki bakat atau potensi tentang music, olahraga, tanpa dukungan stimulus yang baik, seperti sarana yang memadai tentu tidak akan berkembang dengan baiksebaliknya jika seorang hidup dilingkungan keluarga yang ahli music atau seorang politikus misalnya tidak akan sama seperti keluarganya itujika potensi dan bakatnya tidak dibidang tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar