Diyana sepfina

Rabu, 23 November 2016

TUGAS PAK HOSNAN

1.      Uraikan dan jelaskan cirri-ciri dan masalah perkembangan anak usia sekolah dasar!
Anak-anak sekolah dasar (usia 6-12 tahun) cirri-cirinya :
a.      Ciri-ciri perkembangan anak usia 7 tahun
v  Fisik
•         Pandangan terbatas
•         Berkerja dengan kepala diatas meja
•         Mengenggam pensil (diujung)
•         Dapat menulis dengan rapi
•         Kadang-kadang tegang
•         Suka ruang yang telah ditentukan
•         Sering merasa terluka, bisa nyata atau pura-pura
v  Sosial
•         Suka menyendiri, tertutup.
•         Membutuhkan penguatan terus menerus (aman & teratur)
•         Kadang murung, sedih, merajuk, malu.
•         Merasa tidak banyak orang yang menyukainya (berubah)
•         Percaya pada guru untuk membantunya
•         Sensitif pada perasaan orang  lain. Kadang suka mengadu
•         Tidak suka melakukan kesalahan
•         Kuat perasaan suka dan tidak suka
•         Menjaga kerapian meja dan lingkungan
v  Bahasa
•         Pendengar yg baik
•         Pembicara yg tepat
•         Suka dialog/percakapan berpasangan
•         Perkembangan kosa kata cepat
•         Tertarik cari arti/maksud kata
•         Suka sampaikan catatan kecil
•         Berminat dengan bermacam-macam simbol
v  Kognisi
•         Suka mengulang pelajaran
•         Butuh akhir kegiatan yang jelas (lengkapi dengan tugas)
•         Suka berkerja secara bertahap (sedikit demi sedikit)
•         Suka berkerja sendiri
•         Suka dibacakan
•         Suka menghapus  (ingin sempurna)
•         Ingin menemukan bagaimana suatu benda berkerja

b.      Ciri-ciri perkembangan anak usia 8 tahun
v  Fisik
•         Bergerak cepat, berkerja dengan tergesa-gesa
•         Penuh dengan energi
•         Perlu pelepasan energi secara fisik (kegiatan di luar ruangan)
•         Kadang sedikit aneh
•         Rentang kosentrasi terbatas
•         Memiliki pandagan dekat dan jauh sama kuat
v  Sosial
•         Persifat sangat baik, penuh dengan humor
•         Suka berkerjasama
•         Sering “menggigit lebih dari yang bisa dikunyah” salah dalam memperkirakan kemampuan mereka.
•         Resisten (bertahan); membuat alasan dengan cepat ketika membuat kesalahan
•         Lebih suka kegiatan yang sama dengan teman sejenis
•         Bermasalah dengan atauran dan batasan-batasan
•         Kelompok pertemanan lebih banyak dari usia 7
v  Bahasa
•         Bicara aktif
•         Mendengarkan tapi penuh dengan gagasan sehingga tidak dapat selalu ingat apa yang telah dikatakannya
•         Melebih-lebihkan dalam bicara
•         Suka dalam menjelaskan gagasan
•         Perluasan kosa kata yang sangat cepat
v  Kognisi
•         Suka kegiatan kelompok
•         Suka menghasilkan sesuatu
•         Sering berkerja dengan keras/kuat
•         Mulai mahir dalam ketrampilan dasar
•         Mulai merasakan kemampuan ketrampilannya.
•         Bertambah bagus dalam melakukan operasi kongkrit.

c.       Ciri-ciri perkembangan anak usia 9 tahun
v  Fisik
•         Meningkat dalam koordinasi geraknya
•         Tertantang melakukan kegiatan fisik sekuatnya (memaksa)
•         Sering terluka
•         Banyak mengeluh pada tubuhnya
•         Menunjukan kegelisahan dengan mengigit kuku, gigit bibir, memilin-milin rambut
v  Sosial
•         Sangat tinggi dalam kompetitif
•         Self aware
•         Tidak sabar
•         Sering merasa khawatir, cemas
•         Membuka jarak dengan orang lain
•         Sering mengeluh; masalah persamaan
•         Melihat orang dewasa secara tidak konsisten & sebagai kontrol
•         Kritis
•         Sering marah dan berubah-ubah emosinya
•         individualistik
v  Bahasa
•         Menggunakan kata-kata bersifat deskrpsi
•         Senang bermain dalam  kata dan bahasa serta informasi
•         Bahasa seperti bayi kadang muncul kembali
•         Menggunakan kata-kata yang melebih-lebikan
•         Saat banyak menggunakan kata-kata negatif  seperti: aku benci itu, aku tidak bisa, bosan, iya ya
•         Senang bercanda yang sifatnya jorok
•         Mencampuradukan bahasa ketika bicara
Kognisi
•         Senang menghasilkan sesuatu dan mengoreksi diri sendiri
•         Mulai mengenal dunia yg lebih luas
•         Sedikit berimajiasi
•         Rasa ingin tahu secara intelektual
•         Mampu beradaptasi dengan beberapa kodisi yang dia hadapi
•         Bermasalah dengan kondisi abstrak, angka-angka yang banyak, periode waktu dan ruang

d.      Ciri-ciri perkembangan anak usia 10 tahun
v  Fisik
•         Perkembangan otot besar
•         Sangat membutuhkan waktu di luar ruangan dan tantangan fisik
•         Tulisan tangan cenderung tidak rapi (jika dibandingkan dengan usia 9 th)
•         Makanan ringan dan waktu istirahat membantu pertumbuhan tubuhnya
v  Bahasa
•         Pendengar yang baik
•         Banyak membaca
•         Ekspresif, suka menjelaskan, aktif berbicara
•         Berkerjasama dan bersaing
•         Bersahabat, bergembira
v  Kognisi
•         Daya ingat cukup produktif
•         Kemampuan pada hal yang abstrak mulai meningkat
•         Menyukai aturan dan hal-hal yang masuk akal
•         Mengklasifikasi dan mengumpulkan  hal-hal yang disukai , suka menyusun
•         Mampu kosentrasi dgn baik, bisa membaca dalam waktu yg relatif lama
•         Menjadi orang yang mampu menyelesaiakan masalah dengan baik
•         Bangga dengan hasil akademiknya

e.       Ciri-ciri perkembangan anak usia 11 tahun
v  Fisik
•         Meningkatnya nafsu makan, kegiatan dan bicara
•         Munculnya pubertas pada sebagian anak perempuan
•         Gerakan yang stabil, kurang waktu istirahat
•         Sering kena flu dan kadang infeksi telinga
•         Butuh istirahat yang cukup
•         Agak kurang menggunakan kekuatan fisik
•         Kemampuan motorik halusnya baik
v  Sosial
•         Peka, emosinya tidak stabil
•         Berseberangan pendapat
•         Senang berada diluar rumah
•         Selalu mengikuti kata hati, kasar dan kurang peduli
•         Suka berargumentasi
•         Kesulitan membuat keputusan
•         Memahmai keadaan dirinya
•         Emosional
•         Mudah masuk/keluar dari kelompoknya
v  Bahasa
•         Senang berbcara ditelpon
•         Selalu menuruti kata hati, bicara sebelum dipikirkan
•         Bicara kasar
•         Suka berargumen, pendebat ulung
•         Appresiatif terhadap humor
•         Mengadopsi bahasa orang dewasa
v  Kognisi
•         Suka tugas baru dan berpengalaman untuk merefleksikan atau memperbaiki tugas berikutnya
•         Dapat berfikir abstrak
•         Mahir memberikan  alasan
•         Dapat membaangun dan memodifikasi aturan
•         Memusatkan perhatian pada pengembangan bakat dan memandang dunia dari berbagai segi
•         Suka berargumentasi

f.       Ciri-ciri perkembangan anak usia 12 tahun
v  fisik
•         Energi tinggi
•         Butuh banyak istirahat
•         Dorongan pertumbuhan, tanda pubertas
•         Makan itu sangat dipentingkan (snack pagi di sekolah)
•         Pendidikan jasmani sangat dibutuhkan
v  Sosial
•         Mulai tampak kepribadian orang dewasa
•         Dapat memberikan alasan yang lebih masuk akal
•         Antusias dan tidak malu-malu
•         Berinisiatif untuk kegiatannya sendiri
•         Empati
•         Peduli pada dirinya dan sangat pengertian
•         Dapat membuat tujuan yang nyata dalam waktu singkat
•         Muncul rasa aman terhadap dirinya
•         Teman sebaya lebih pentig dari pada guru
v  Bahasa
•         Muncul kekasaran (sarkasme)
•         Memiliki makna ganda, bermain kata-kata, bercanda sesuai kemampuan mereka
•         Asyik ngobrol dengan orang dewasa atau teman sebaya
•         Bahasa “gaul”


v  Kognisi
•         Kemmapuan memahami hal yang abstrak meningkat
•         Muncul kemampuan pada ketrampilan / area tertentu
•         Dapat dan akan melihat dua sisi dari sebuah argumen
•         Sangat tertarik pada hal-hal baru  politik, keadilan sosial
•         Meneiliti dan mempelajari ketrampilan sebelumnnya  dengan meningkatkan disiplin pengorganisasian.
Masalah perkembangan anak sekolah dasar (SD)
a.       Hiperaktif
Sebuah gangguan psikologi anak yang cukup sering terjadi. Seorang anak sering mendapatkan gangguan perilaku dimana mereka cenderung bergerak aktif, bahkan super aktif didalam rumah atau di lingkungannya. Anak hiperaktif ini  bisa membahayakan teman-temannya akibat perilaku yang tejadi secara spontan tanpa pikir panjang. Oelh karena itu anak yang hiperaktif memerlukan penaganan yang begitu cepat.
b.      Sulit berkonsentrasi
Anak yang berkonsentrassi yang buruk bisa membuatnya kesulitan apabila harus belajar dalam waktu lama dan mengerti mengenai beberapa materi pembelajaran. Mereka cenderung mudah terpengaruh terhadap hal yang dimana ada di sekitarnya sehingga tidak mampu berkosentrasi secara maksimal.
c.       Pemurung dan penyendiri
Ada anak yang hiperaktif atau sebaliknya, anak memiliki sifat pemalu dan sulit bergaul dengan keadaan mereka sendiri. Anak-anak seperti ini tidak boleh dibiarkan berlarut karena jiwa social mereka tidak bisa berkembang jika selalu dibiarkan.
d.      Masalah bicara
Seorag anak mempunyai masalah bicara juga banyak terjadi. Rata-rata mereka mempunyai masalah mengenai artikulasi dimana pembicara yang mereka lakukan kurang jelas dan sulit diterima oleh lawan bicaranya. Salah satu cara yang terbaik yang bisa dilakukan untuk memecah masalah ini adalah dengan terapi bicara. Seorang anak akan diajarkan bicara bagaimana cara berbicara dengan konsep yang pelan, lambat dan jelas.
2.                  Jelaskan implikasi pertumbuhan dan perkembangan serta kematangan peserta didik!
Ada beberapa implikasi pertumbuhan, perkembangan dan kematangan peserta didik sebagai berikut :
a.       Pertumbunhan dan perkembangan manusia sejak lahir berlangsung dalam lingkungan social yang meliputi semua manusia yang berada dalam lingkungan hidupnya.
b.      Interaksi manusia dengan lingkungan sejak lahir menghendaki penguasaan lingkungan maupun penyesuaian diri pada lingkungan
c.       Dalam interaksi social, manusia sejak lahir telah menjadi anggota sekelompok social yang dalam hal ini ialah keluarga.
d.      Atas dasar keterikatan dan kewajiban social para pendidik, terutama orang tua, maka anak senantiasa berusaha menciptakan lingkungan fisik, soaial serta lingkungan psikis yang sebaik-baiknya bagi proses pertumbumbuhan dan perkembangan.
e.        Setelah umur kronologis mencapai lingkungan tertentu, anak telah mencapai berbagai
tingkat kematangan intelektual, sosial, emosional, serta kemampuan jasmani
yang lain.
f.       Kematangan sosial merupakan landasan bagi kematangan intelektual, karena
perkembangan kecerdasan berlangsung dalam lingkungan sosial tersebut.
g.      Kematangan emosional melandasi kematangan sosial dan kematangan intelektual,
karena sebagian besar tingkah laku manusia dikuasai atau ditentukan oleh
kondisi perasaannya.
h.      Kematangan jasmani merupakan dasar yang melandasi semua kematangan sebagimana
dimaksudkan di atas.
i.        Pendidik yang berkecimpung dalam pengasuhan anak dalam perkembangan di masa kanak-kanak hendaklah memperhatikan keterkaitan antara berbagai segi kematangan jasmani
dan rohani anak dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif.
j.        Hasil-hasil belajar yang mendasari hidup bermasyarakat banyak dicapai oleh
anak dalam keluarga terutama semasa masih kanak-kanak, yaitu sikap dan pola
tingkah laku terhadap diri sendiri dan terhadap orang lain.
k.      Iklim emosional yang menjiwai keluarga itu meliputi: hubungan emosional antara
keluarga, kadar kebebasan menyatakan diri dan tanggung jawab dalam pengambilan
keputusan.
l.        Seorang anak dimana anak sekolah adalah seorang realis yang hendak mengenal kenyataan
di sekitarnya menurut keadaan senyatanya atau objektif apa adanya.
m.    Padaumumnya anak masa sekolah dan masa remaja mengalami pertumbuhan jasmani yang
semakin kuat dan sehat. Sedangkan dalam segi ruhani ia mengalami perkembangan
pengetahuan dan kemampuan berpikir yang pesat pula karena ditunjang oleh
hasrat belajar yang sehat serta ingatan yang kuat.
Pemahamanguru terhadap minat dan perhatian peserta didik akan sangat bermanfaat dalam
perencanaan program-program pendidikan maupun pengajaran.
n.      Karakteristik umum pertumbuhan/perkembangan peserta didik ialah ditandai
dengan: Kegelisahan, pertentangan, keinginan mencoba segala sesuatu, menghayal
dan aktivitas berkelompok.
3.       Sebagai calon guru, jelaskan kompetensi pedagogic yang harus dimiliki seorang guru.
a.       Menguasai karakteristik peserta didik dan aspek fisik, moral, social, cultural, emosional, dan intelektual.
b.      Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pebelajaran yang mendidik.
c.       Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran.
d.      Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
e.      Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
f.        Menfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengevaluasikan berbagai potensi yang dimiliki.
g.       Berkomunikasi secar efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
h.      Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
i.         Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
j.        Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar