Diyana sepfina

Rabu, 23 November 2016

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN.



A.    Pengertian Psikologi Perkembangan.
Psikologi dapat dipelajari secara teoritis dan prakis. Psikologi yang dipelajari secara teoritis, apabila orang dalam mempelajari demi ilmu itu sendiri, tidak dihubungkan dengan yang soal praktik. Sedangkan yang praktis, psikologi dipelajari dan dihubungkan dengan yang segi praktik. Dalam segi ini, orang mencari jalan bagaimana dapat mempraktikan psikologi untuk kehidupan sehari-hari.
Psikologi, menurut Mussen dan Rosenwieg adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pikiran atau the study of mind,tetapi dalam perkembangannya kata mind berubah menjadi tingkah laku sehingga psikologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia.
Secara harfiah, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Psikologi tidak mempelajari jiwa itu secara langsung karena sifatnya yang abstrak, tetapi psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental.
B.     Tujuan, fungsi, dan manfaat psikologi perkembangan.
1.      Tujuan mempelajari psikologi perkembangan peserta didik.
a.       Untuk mengetahui tingkah laku individu itu sesuai atau tidak sesuai dengan tingkat usia/perkembangannya.
b.      Untuk mengetahui tingkat kemampuan individu pada setiap fase perkembangannya.
c.       Untuk mengetahui kapan individu bisa memberi stimulus pada tingkat perkembangan tertentu.
d.      Agar dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan-perubahan yang akan dihadapi anak.
2.      Fungsi psikologi sebagai ilmu.
Psikologi mempunyai 2 fungsi yaitu :
a.       Menjelaskan, yaitu mampu menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi.bersifat deskriptif.
b.      Memprediksi, yaitu mampu meramalkan atau memprediksikan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasil prediksinya berupa prognosa, prediksi atau estimasi.
c.       Pengendalian, yaitu mengendalikan tingkah laku sesuai dengan yang diharapkan. Perwujudannya berupa tindakan yang sifatnya preventif atau pencegahan, intervensi atau treatment serta rehabilitas atau perawatan.

3.      Kegunaan mempelajari psikologi perkembangan
Dengan mempelajari psikologi perkembangan, diharapkan mampu memahami diri sendiri dan individu pada umumnya dengan lebih baik, sehingga dapat membina dan mengembangkan kearah kehidupan yang lebih positif sesuai dengan tuntutan professional guru, yaitu dapat memberikan bantuan pada perkembangan disik maupun psikis anak seoptimal mungkin, memilik dan menentukan tujuan materi dan strategi belajar sesuai dengan tingkat kemampuan intelektual anak, menghadapi anak denga benar dalam membentuk perilaku yang benar serta dapat  terhindar dari pemahaman yang salah tentang anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar