Diyana sepfina

Rabu, 23 November 2016

IMPLIKASI PERTUMBUHAN PERKEMBANGAN DAN KEMATANGAN PESERTA DIDIK

1.                
Ada beberapa implikasi pertumbuhan, perkembangan dan kematangan peserta didik sebagai berikut :
a.       Pertumbunhan dan perkembangan manusia sejak lahir berlangsung dalam lingkungan social yang meliputi semua manusia yang berada dalam lingkungan hidupnya.
b.      Interaksi manusia dengan lingkungan sejak lahir menghendaki penguasaan lingkungan maupun penyesuaian diri pada lingkungan
c.       Dalam interaksi social, manusia sejak lahir telah menjadi anggota sekelompok social yang dalam hal ini ialah keluarga.
d.      Atas dasar keterikatan dan kewajiban social para pendidik, terutama orang tua, maka anak senantiasa berusaha menciptakan lingkungan fisik, soaial serta lingkungan psikis yang sebaik-baiknya bagi proses pertumbumbuhan dan perkembangan.
e.        Setelah umur kronologis mencapai lingkungan tertentu, anak telah mencapai berbagai
tingkat kematangan intelektual, sosial, emosional, serta kemampuan jasmani
yang lain.
f.       Kematangan sosial merupakan landasan bagi kematangan intelektual, karena
perkembangan kecerdasan berlangsung dalam lingkungan sosial tersebut.
g.      Kematangan emosional melandasi kematangan sosial dan kematangan intelektual,
karena sebagian besar tingkah laku manusia dikuasai atau ditentukan oleh
kondisi perasaannya.
h.      Kematangan jasmani merupakan dasar yang melandasi semua kematangan sebagimana
dimaksudkan di atas.
i.        Pendidik yang berkecimpung dalam pengasuhan anak dalam perkembangan di masa kanak-kanak hendaklah memperhatikan keterkaitan antara berbagai segi kematangan jasmani
dan rohani anak dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif.
j.        Hasil-hasil belajar yang mendasari hidup bermasyarakat banyak dicapai oleh
anak dalam keluarga terutama semasa masih kanak-kanak, yaitu sikap dan pola
tingkah laku terhadap diri sendiri dan terhadap orang lain.
k.      Iklim emosional yang menjiwai keluarga itu meliputi: hubungan emosional antara
keluarga, kadar kebebasan menyatakan diri dan tanggung jawab dalam pengambilan
keputusan.
l.        Seorang anak dimana anak sekolah adalah seorang realis yang hendak mengenal kenyataan
di sekitarnya menurut keadaan senyatanya atau objektif apa adanya.
m.    Padaumumnya anak masa sekolah dan masa remaja mengalami pertumbuhan jasmani yang
semakin kuat dan sehat. Sedangkan dalam segi ruhani ia mengalami perkembangan
pengetahuan dan kemampuan berpikir yang pesat pula karena ditunjang oleh
hasrat belajar yang sehat serta ingatan yang kuat.
Pemahamanguru terhadap minat dan perhatian peserta didik akan sangat bermanfaat dalam
perencanaan program-program pendidikan maupun pengajaran.

n.      Karakteristik umum pertumbuhan/perkembangan peserta didik ialah ditandai
dengan: Kegelisahan, pertentangan, keinginan mencoba segala sesuatu, menghayal
dan aktivitas berkelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar