1.
Ada beberapa implikasi
pertumbuhan, perkembangan dan kematangan peserta didik sebagai berikut :
a. Pertumbunhan dan
perkembangan manusia sejak lahir berlangsung dalam lingkungan social yang meliputi
semua manusia yang berada dalam lingkungan hidupnya.
b. Interaksi manusia dengan
lingkungan sejak lahir menghendaki penguasaan lingkungan maupun penyesuaian
diri pada lingkungan
c. Dalam interaksi social,
manusia sejak lahir telah menjadi anggota sekelompok social yang dalam hal ini
ialah keluarga.
d. Atas dasar keterikatan
dan kewajiban social para pendidik, terutama orang tua, maka anak senantiasa
berusaha menciptakan lingkungan fisik, soaial serta lingkungan psikis yang
sebaik-baiknya bagi proses pertumbumbuhan dan perkembangan.
e. Setelah umur kronologis mencapai
lingkungan tertentu, anak telah mencapai berbagai
tingkat kematangan intelektual, sosial, emosional, serta kemampuan jasmani
yang lain.
tingkat kematangan intelektual, sosial, emosional, serta kemampuan jasmani
yang lain.
f. Kematangan sosial merupakan landasan bagi
kematangan intelektual, karena
perkembangan kecerdasan berlangsung dalam lingkungan sosial tersebut.
perkembangan kecerdasan berlangsung dalam lingkungan sosial tersebut.
g. Kematangan emosional melandasi kematangan
sosial dan kematangan intelektual,
karena sebagian besar tingkah laku manusia dikuasai atau ditentukan oleh
kondisi perasaannya.
karena sebagian besar tingkah laku manusia dikuasai atau ditentukan oleh
kondisi perasaannya.
h. Kematangan jasmani merupakan dasar yang
melandasi semua kematangan sebagimana
dimaksudkan di atas.
dimaksudkan di atas.
i.
Pendidik yang berkecimpung dalam
pengasuhan anak dalam perkembangan di masa kanak-kanak hendaklah memperhatikan keterkaitan antara berbagai
segi kematangan jasmani
dan rohani anak dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif.
dan rohani anak dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif.
j.
Hasil-hasil
belajar yang mendasari hidup bermasyarakat banyak dicapai oleh
anak dalam keluarga terutama semasa masih kanak-kanak, yaitu sikap dan pola
tingkah laku terhadap diri sendiri dan terhadap orang lain.
anak dalam keluarga terutama semasa masih kanak-kanak, yaitu sikap dan pola
tingkah laku terhadap diri sendiri dan terhadap orang lain.
k. Iklim emosional yang menjiwai keluarga itu meliputi:
hubungan emosional antara
keluarga, kadar kebebasan menyatakan diri dan tanggung jawab dalam pengambilan
keputusan.
keluarga, kadar kebebasan menyatakan diri dan tanggung jawab dalam pengambilan
keputusan.
l.
Seorang anak dimana anak sekolah adalah
seorang realis yang hendak mengenal kenyataan
di sekitarnya menurut keadaan senyatanya atau objektif apa adanya.
di sekitarnya menurut keadaan senyatanya atau objektif apa adanya.
m. Padaumumnya anak masa sekolah dan masa remaja
mengalami pertumbuhan jasmani yang
semakin kuat dan sehat. Sedangkan dalam segi ruhani ia mengalami perkembangan
pengetahuan dan kemampuan berpikir yang pesat pula karena ditunjang oleh
hasrat belajar yang sehat serta ingatan yang kuat.
semakin kuat dan sehat. Sedangkan dalam segi ruhani ia mengalami perkembangan
pengetahuan dan kemampuan berpikir yang pesat pula karena ditunjang oleh
hasrat belajar yang sehat serta ingatan yang kuat.
Pemahamanguru terhadap minat dan perhatian
peserta didik akan sangat bermanfaat dalam
perencanaan program-program pendidikan maupun pengajaran.
perencanaan program-program pendidikan maupun pengajaran.
n. Karakteristik umum pertumbuhan/perkembangan
peserta didik ialah ditandai
dengan: Kegelisahan, pertentangan, keinginan mencoba segala sesuatu, menghayal
dan aktivitas berkelompok.
dengan: Kegelisahan, pertentangan, keinginan mencoba segala sesuatu, menghayal
dan aktivitas berkelompok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar