Diyana sepfina

Kamis, 29 Desember 2016

LAPORAN HASIL PENELITIAN KURIKULUM 2013 (BAG.1)

LAPORAN HASIL PENELITIAN
UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SDN KUBANG KUTU 02

Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Kurikulum dan Pembelajaran

Disusun oleh:
Asri Vidiyauni                        (2227150091)
Diyana Sepfrina                      (2227150104)
Siti Fathiroh                            (2227150087)
III C
Pengampu Mata Kuliah:   Dr. Adang Heriawan, M.Pd
                                         Reksa Adya Pribadi, M.Pd
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
2016

KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatnya sehingga tugas makalah ini dapat di selesaikan dengan baik. Tidak lupa kami juga mengucapkan terimakasih kepada dosen pengampu mata kuliah Kurikulum Dan Pembelajaran.
Dan harapan kami semoga laporan ini dapat menambahkan pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, untuk kedepannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambahkan isi laporan agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.


                                                                                    Serang,    November 2016

Penyusun











DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR............................................................................................i
DAFTAR ISI..........................................................................................................ii
DAFTAR TABEL.................................................................................................53
1.      Tabel 1.1.....................................................................................................53
2.      Tabel 1.2.....................................................................................................56
DAFTAR LAMPIRAN
1.      Lampiran A
a.       Surat Keterangan Izin Penelitian dari Fakultas
b.      Surat Keterangan Melakukan Penelitian dari Sekolah
c.       Biografi Narasumber
2.      Lampiran B
a.       Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
b.      Silabus
c.       Absensi Kelas IV
3.      Lampiran C
a.       Hasil Instrumen Penelitian dan Instrumen Observasi
b.      Foto Dokumentasi
c.       Sertifikat Guru
BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG................................................................................1
B.     IDENTIFIKASI MASALAH....................................................................4
C.    PERTANYAAN MASALAH....................................................................4
D.    TUJUAN PENELITIAN............................................................................5
E.     MANFAAT PENELITIAN.......................................................................5
BAB II
LANDASAN TEORI
A.    KOMPETENSI...........................................................................................6
1.      Pengertian Kompetensi..........................................................................6
2.      Standar Kompetensi yang Harus Dimiliki Guru....................................6
a.       Kompetensi Pedagogik.....................................................................7
b.      Kompetensi Kepribadian..................................................................9
c.       Kompetensi Profesional.................................................................12
d.      Kompetensi Sosial..........................................................................15
B.     GURU........................................................................................................17
1.      Pengertian Guru...................................................................................17
2.      Peran Guru...........................................................................................21
3.      Kompetensi Kepribadian Guru............................................................27
C.    KURIKULUM 2013.................................................................................28
1.      Pengertian Kurikulum 2013.................................................................28
2.      Tujuan Kurikulum 2013.......................................................................30
3.      Keunggulan Kurikulum 2013...............................................................30
4.      Kelemahan Kurikulum 2013................................................................31
5.      Fungsi Kurikulum 2013.......................................................................32
6.      Perbandingan Kurikulum 2013 dengan KTSP.....................................33
7.      Melaksanakan Pembelajaran, Pembentukan Kompetensi, dan
Karakter................................................................................................35
8.      Asumsi Kurikulum 2013......................................................................37
9.      Standar Nasional Pendidikan...............................................................39
10.  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud)....................................................................................41

11.  Karakteristik kurikulum 2013..............................................................43



BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A.    LOKASI dan WAKTU PENELITIAN..................................................45
B.     SUBJEK PENELITIAN..........................................................................45
C.    METODE PENGUMPULAN DATA.....................................................46
1.      Wawancara...........................................................................................46
2.      Observasi..............................................................................................49
3.      Dokumentasi........................................................................................51
D.    INSTRUMEN PENELITIAN.................................................................53
1.      Instrumen Wawancara..........................................................................53
2.      Instrumen Observasi.............................................................................56
BAB IV
HASIL dan PEMBAHASAN
1.      Hasil Penelitian..........................................................................................57
2.      Pembahasan................................................................................................62
BAB V
KESIMPULAN dan SARAN
1.      Kesimpulan................................................................................................78
2.      Saran...........................................................................................................82
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................83


 BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Berbagai permasalahn muncul ketika sebuah kurikulum baru diaplikasikan dalam dunia pendidikan kita. Salah satunya adalah dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Sebuah konsep pendidikan yang sangat bagus namun tidak banyak didukung oleh faktor-faktor yang mampu menopang dan memuluskan pelaksanaan kurikulum tersebut. Pelaksanaan kurikulum yang terlalu cepat, suplay buku yang terlambat dan kurang merata, metode pengajaran yang baru dan dianggap membingungkan bagi sebagian guru dan siswa, dan beberapa permasalahan lainnya. Berbagai kendala ini akhirnya menuai polemik di masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Hingga akhirnya mencuat sebuah wacana baru saat adanya pergantian pemerintah dan kabinet, yaitu kemungkinan dihentikannya pelaksanaan Kurikulum 2013.
Mantan Mendikbud Anies Baswedan di kantor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jakarta , Jum’at (5/12/2014) lalu. Dalam pernyataannya, beliau mengatakan,” Dengan memperhatikan rekomendasi tim evaluasi implementasi kurikulum, maka Kurikulum 2013 dihentikan,” Namun, dikarenakan ada 6.221 sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 selama tiga semester lebih maka sekolah-sekolah inilah yang kemudian dijadikan sebagai sekolah percontohan serta sarana untuk mengembangkan dan menyempurnakan Kurikulum 2013.
Salah satu pembeda kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya ialah scientific approach. Namun, masih banyak guru yang merasa kesulitan menerapkan pendekatan tersebut dalam mengajar. Pendapat tersebut disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKMP3), Agnes Tuti Rumiati, dalam Dialog dan Konsultasi Nasional terkait Kurikulum 2013. Dia menyebut, terdapat banyak hal yang belum dipahami tenaga pendidik terkait kurikulum 2013. "Yang kurang dipahami adalah proses penilaian yang dianggap rumit. Banyak yang belum paham dalam memberikan penilaian dalam implementasi kurikulum 2013," ujar Tuti di Gedung PGRI, Jakarta Pusat, Kamis (16/10/2014). Kedua, kata Tuti, para guru masih kesulitan menerapkan scientific approach dalam kegiatan belajar mengajar. Menurut Tuti, metode tersebut digunakan karena melihat adanya gap antara jenjang pendidikan, baik SD ke SMP, SMP ke SMA, SMA ke Perguruan Tinggi. Permasalahan yang lain juga ungkap Tuti, adalah membuat siswa aktif. Sebab, dalam kurikulum 2013, guru harus pintar menjadi fasilitator agar siswa bertanya. Sayang, belum semua guru mampu melaksanakannya. "Persoalan lainnya ialah terkait project based learning dan pelatihan guru. Pelatihan jangan semuanya tapi satu per satu dalam sekali waktu," kata jebolan S-3 Statistik dari Institut Pertanian Bogor (IPB) itu.
Tidak jauh berbeda dengan pendidikan yang ada di provinsi Banten,sungguh masih jauh dengan yang kita harapkan,masih jauh dengan tujuan pendidikan yang tercantum di dalam UUD 1945,masih rendahnya jumlah sekolah di Banten yang telah menerapkan kurikulum 2013, salah satunya disebabkan para guru di Banten yang sulit mengadaptasi kurikulum 2013 menjadi kurikulum yang baru di sekolah. Pasalnya, cara pandang guru di Banten masih terpaku pada metode pembelajaran yang lama. Sementara, dalam kurikulum 2013 ini memiliki tujuan akhir untuk menghasilkan peserta didik yang kreatif dan inovatif. Hal inilah yang hingga saat ini masih belum dipahami mayoritas guru yang ada di Banten.  Demikian disampaikan Mantan  Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Banten Hudaya Latuconsina ketika dihubungi pada Kamis (18/7).
Hudaya mengakui, mayoritas guru sekolah di Provinsi Banten mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan metode kurikulum 2013. Sehingga, pada 2013 ini, penerapan kurikulum 2013 hanya baru bisa dilakukan sekitar 219 sekolah. Guru-guru kesulitan mengikuti cara yang diterapkan dalam kurikulum 2013 dengan berbagai latar belakang permasalahan. "Tidak sedikit masalah yang dihadapi ketika kurikulum 2013 ini mulai dikenalkan kepada kalangan guru-guru. Karena, pola pemikiran guru memang tidak sejalan dengan kurikulum baru ini. Guru masih menggunakan mindset lama, makanya nggak nyambung," ungkap Hudaya. Menurut Hudaya, cara pandang guru atas target sasaran harapan dalam kurikulum 2013 ini masih terbilang rendah. Sementara, yang menjadi perhatian khusus bagi para guru adalah hasil akhir dari kurikulum 2013 yakni menjadikan insan Indonesia yang lebih produktif dan kreatif. Dalam pembelajarannya, peserta didik diberikan stimulasi untuk berfikir inovatif agar dapat menghasilkan output yang positif yakni menjadikan peserta didik aktif berkarya demi kelangsungan ilmu pengetahuan yang terus berkembang. "Persoalan inilah yang masih belum dapat dipahami betul oleh mayoritas guru sekolah di Banten. Karena, guru-guru atau dosen di perguruan tinggi justru sudah lebih sigap dan terampil dalam menerapkan kurikulum 2013 ini,”terangnya. Atas hal tersebut, lanjut Hudaya, hingga saat ini pihaknya masih melakukan sosialisasi sekaligus pembelajaran metode kurikulum 2013 terhadap guru-guru seperti melakukan training of trainers (TOT) terutama kepada guru-guru sekolah. Karena, penerapan kurikulum 2013 ini semestinya menjadi prioritas untuk kalangan peserta didik di tingkat SD, SMP, SMA maupun SMK. Sehingga, konsep kurikulum 2013 ini nantinya dapat benar-benar dipahami dan diterapkan dengan baik untuk menghasilkan output sesuai dengan target harapan.  "Untuk TOT, sampai sekarang masih dilakukan. Karena, TOT ini dilakukan sejak 13 Juli sebelum kurikulum 2013 dilaunching. Sementara, peserta yang diberikan TOT ini di antaranya kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru-guru," jelasnya.
Hal ini sesuai dengan observasi yang kami lakukan di SDN Kubang Kutu 02, kami masih melihat bahwa kurikulum yang dipakai pun belum kondusif di terapkan disekolah dan masih jauh dengan tujuan yang diharapkan. Di SDN Kubang Kutu 02 sendiri masih menggunakan dua panduan kurikulum yaitu KTSP dan K13. Penerapanya yaitu kelas 1 dan 4 menggunakan kurikulum 2013 dan kelas 2,3,5,dan 6 mengunakan KTSP, hal ini bisa berpengaruh terhadap pembelajaran terhadap siswa yang belum terbiasa dengan proses pembelajaran yang diajarkan berbeda dengan sebelumnya, serta kurangnya standar sarana dan prasarana yang belum tercapai untuk menunjang dalam proses pembelajaran,di sekolah tersebut hanya didukung dengan buku siswa dan buku guru dan gurulah yang diberikan tugas lebih untuk dapat menunjang kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik anak, seperti siswa banyak mendapatkan tugas dirumah, karena ada materi yang harus di tunjang oleh fasilitas internet, jika disekolah memiliki fasilitas seperti laboratorium, akan memudahkan siswa untuk menerima materi tersebut disekolah. Sedangkan terkait dengan kemampuan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 guru tidak merasa ada kesulitan yang berarti, karena peran guru sebagai fasilitator dan motivator mampu membuat siswa yang awalnya tidak berani berbicara didepan teman-temannya, karena setiap siswa selesai mengerjakan tugas seperti LKS (Lembar Kerja Siswa), siswa harus mengkomunikasikan di depan teman-temannya.
B.     IDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan latar belakang diatas maka selanjutnya peneliti mengidentifikasi permasalahan-permasalahan sebagai berikut :
1.      Penerapan pendekatan pada kurikulum 2013
2.      Pemahaman tentang pemberian penilaian dalam implementasi kurikulum 2013
3.      Mengadaptasi kurikulum 2013 menjadi kurikulum yang baru disekolah
4.      Target sasaran harapan dalam kurikulum 2013
5.      Sarana dan prasarana untuk menunjang kurikulum 2013
6.      Sistem pemebelajaran dalam kurikulum 2013
C.    PERTANYAAN PENELITIAN (RUMUSAN MASALAH)
Dalam rumusan masalah pada penelitian ini, peneliti merumuskan masalah penelitian secara umum yaitu: “Bagaimana kemampuan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013?”. Agar lebih terarah maka peneliti selanjutnya merumuskan permasalahan pada penelitian ini secara khusus, yaitu:
1.      Bagaimana kompetensi tenaga pendidik dalam menerapkankan kurikulum 2013 ?


D.    TUJUAN PENELITIAN
Tujuan penelitian pada penelitian kali ini yaitu secara umum penelitian ini betujuan “Untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013”. Dan agar lebih terarah maka penelitian ini secara spesifik memiliki tujuan secara khusus, yaitu:
1.      Untuk mengetahui kompetensi tenaga pendidik dalam menerapkankan kurikulum 2013?
E.     MANFAAT PENELITIAN
Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi :
1.      Bagi Guru
Sebagai masukan dalam mengelola dan meningkatkan kualiatas siswa, dengan mengetahui komponen - komponen dalam kurikulum 2013 maka guru dapat menerapkan proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
2.      Bagi Kepala Sekolah
Dengan mengetahui kemampuan atau kompetensi guru dalam menerapkan kurikulum 2013 maka diharapkan dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan dalam rangka pembinaan dan pengembangan disekolah yang bersangkutan.
3.      Bagi Dinas Pendidikan
Sebagai bahan rujukan dalam memperbaiki dan meningkatkan pelatihan kepada guru dalam menerapkan kurikulum 2013 agar terlaksana sesuai dengan tujuan kurikulum 2013
4.      Bagi Penulis
Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dan memberikan bahan pengalaman belajar yang menumbuhkan kemampuan dan ketrampilan yang lebih mendalam terutama dalam bidang yang dikaji.




































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar